Pages

Jumat, 10 Oktober 2014

Perangkat Komputasi (1)

Dulu, pilihan untuk memilih perangkat komputasi untuk penggunaan pribadi adalah komputer desktop yang memiliki ukuran besar dan memakan tempat. Namun dengan perkembangan terkneologi sekarang, komputer menjadi lebih kecil dan praktis. Komputer-komputer potabel pun hadir dengan berbagai istilah seperti laptop, notebook, dan netbook ultrabook, dan palmtop. Walau sama-sama memiliki kemampuan untuk komputasi dan bisa dibawa ke mana saja, tiap-tiap perangkat komputer ini ternyata memiliki perbedaan.


Laptop dan Notebook
Laptop itu merupakan sebutan Umum untuk Notebook dan Netbook. Secara historis, laptop memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, dirancang untuk menggantikan komputer desktop dan bisa dibawa di atas pangkuan pengguna. Sedangkan Notebook memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dari laptop, sehingga bisa memudahkan pengguna untuk membawanya ke mana-mana, seperti namanya yang notebook. Namun sekarang tidak ada perbedaan diantara keduanya. Produsen menggunakan kata Notebook dan Laptop secara bergantian.



Netbook
Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi.

Sayang, kepopularitasan netbook menurun beberapa tahun terakhir akibat tergeser dengan tablet, Netbook sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari, namun game atau program berat lainnya seperti Photoshop tidak memungkinkan untuk diinstal pada Netbook.

bersambung....
 
 
Blogger Templates