Pages

Rabu, 08 Oktober 2014

Pembuatan Cokelat (2)


Langkah selanjutnya setelah dipanggang, biji cokelat masuk ke proses pemisahan cangkang dan inti biji (nibs). Biasanya cangkang yang setengah hancur itu akan terpisah dalam proses pengayaan. Kemudian, dalam bentuk setengah hancur, inti biji coklat (nibs) digiling halus. Akan lebih bagus kalau alat penggilingnya adalah batu. Nantinya dari hancuran massal ini berupa cairan coklat yang kental.

Cairan cokelat kental berupa pasta tersebut kemudian ditambahi susu dan gula untuk menambah rasa. Dari pasta berasa agak manis tersebut, masuklah ke proses pengadukan. Proses ini sekaligus untuk mengurangi keasaman. Selama tiga hari, pasta berasa tersebut diaduk nonstop hingga mengeluarkan hawa panas yang menandai bahwa rasa asam dari pasta berkurang.

Proses akhir pengolahan cokelat yang memisahkan jenis cokelat berdasarkan pengolahan susu. Dalam tahap ini biasanya dihasilkan cocoa butter dan cocoa powder. Cocoa butter biasa disebut cokelat putih karena warnanya seperti mentega. Dalam tahap ini pulalah, cokelat gelap atau dark chocolate biasanya dicetak dalam bentuk bar atau batangan.
 
 
Blogger Templates