Pages

Selasa, 07 Oktober 2014

Macam-macam jeni OS smartphone (1)



Setiap ponsel atau smartphone memiliki sistem operasinya sendiri-sendiri. Apa itu sistem Operasi? Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berisi program-program perintah dasar yang menjembatani antara perangkat keras dengan user atau pengguna. Tanpa OS, ponsel tidak akan bermanfaat dan hanya menjadi barang biasa yang tidak bisa digunakan. Operating System yang paling terkenal saat ini adalah android dan iOS. Namun, selain itu, juga ada OS lain yang biasa dipakai pada ponsel. Mari kita kenali lebih jauh macam-macam jenis sistem operasi yang bisa dipakai sekarang.

1. Android
Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh ponsel-ponsel sekarang ini.  Android dikembangkan berdasarkan sistem kernel linux sehingga dikategorikan dalam sistem operasi yang bersifat terbuka atau open source. Semua vendor ponsel ternama layaknya samsung, sony, dan LG untuk sekarang sudah menggunakan Android sebagai OS nya. Saat ini Android sudah berkembang sampai di versi kit kat.

2. iOS
iOS adalah sistem operasi yang hanya bisa di temui pada perangkat pabrikan Apple Inc. iOS merupakan sistem operasi yang di kembangkan dari Mac OS X. iOS juga merupakan sistem oprasi yang open source di bawah naungan Apple Public Source License (APSL). Di iOS terdapat abstraction layers, Core OS layers, Core Service layers, Media layers, Cocoua Touch Layers.

iOS juga terkenal akan SIRI yaitu sejenis voice command yang terkenal akan ke akuratan nya. iOS juga memiliki interface yang sangat elegan. Pada versi terbaru, terdapat perubahan baru dan “penambalan” atas bug, terdapat juga iMessage yang merupakan instant messenger bagi sesama pengguna IOS.

3. Blackberry
Di Indonesia, penjualan Blackberry cukup laris manis. Tetapi di luar Indonesia ponsel ini mulai mengalami penurunan pasar. Blackberry OS mempunyai keunggulan pada fiturnya yang bernama Blackberry Messenger yaitu pesan instant sesama pengguna perangkat Blackberry. Bagi seseorang yang bekerja di perusahaan, Blackberry juga mempunyai Push E-mail untuk mempermudah mengcek E-mail yang masuk dari kantor tanpa harus membukanya dari PC. Sekarang BBM, yang menjadi keunggulan Blackberry, sudah bisa dinikmati oleh hampir seluruh pengguna smartphone bertipe OS lain, seperti android dan iOS.
 
 
Blogger Templates